2 Cara Memasang/Instal Bootstrap Pada Website

22:43
Bootstrap - seperti yang kita ketahui bootstrap merupakan framework css yang sangat populer dan banyak digunakan oleh programmer, karena dengan bootstrap kita bisa mempermudah pekerjaan kita dalam membuat website.


Tidak hanya itu di Bootstrap banyak sekali fitur dan komponen komponen website yang bisa kita gunakan, buat kalian yang masih bingung kenapa bootstrap sangat berguna kalian bisa membaca artikel Kenapa Harus Bootstrap?, Ini 6 Alasannya!

untuk menggunakan atau memasang Bootstrap sangatlah mudah, dan sudah disediakan 2 cara berbeda yang bisa kita pilih,

Menggunakan CDN

Cara pertama adalah menggunakan CDN, sedangkan CDN  ( Content Delivery Network ) sendiri  adalah sebuah teknologi terbaru sebagai bentuk mirroring content website kita. Dengan menggunakan CDN maka content web kita seperti CSS, Image, Video, Custom Scripts akan di mirror di server cadangan yang terletak di berbagai negara.

artinya kita bisa langsung mengambil file cssnya secara online, dan cara ini banyak digunakan buat para pengguna yang ingin belajar dan membuat website secara online tanpa terputus koneksi internetnya.

jadi dengan cara ini kita harus tetap terhubung di internet untuk menggunakan Bootstrap.

1. Pergi ke website resminya Bootstrap
2. click Get Started
3. copy link CDN cssnya
<link rel="stylesheet" href="https://maxcdn.bootstrapcdn.com/bootstrap/4.0.0/css/bootstrap.min.css" integrity="sha384-Gn5384xqQ1aoWXA+058RXPxPg6fy4IWvTNh0E263XmFcJlSAwiGgFAW/dAiS6JXm" crossorigin="anonymous">

4. pastekan di bagian <head> file website kalian
5. jika ingin menggunakan javascript, kalian bisa mendapatkan fitur lengkap
6. caranya copy link CDN javascriptnya
<script src="https://code.jquery.com/jquery-3.2.1.slim.min.js" integrity="sha384-KJ3o2DKtIkvYIK3UENzmM7KCkRr/rE9/Qpg6aAZGJwFDMVNA/GpGFF93hXpG5KkN" crossorigin="anonymous"></script>
<script src="https://cdnjs.cloudflare.com/ajax/libs/popper.js/1.12.9/umd/popper.min.js" integrity="sha384-ApNbgh9B+Y1QKtv3Rn7W3mgPxhU9K/ScQsAP7hUibX39j7fakFPskvXusvfa0b4Q" crossorigin="anonymous"></script>
<script src="https://maxcdn.bootstrapcdn.com/bootstrap/4.0.0/js/bootstrap.min.js" integrity="sha384-JZR6Spejh4U02d8jOt6vLEHfe/JQGiRRSQQxSfFWpi1MquVdAyjUar5+76PVCmYl" crossorigin="anonymous"></script>

7. tempatkan di atas </body>

atau buiat kalian yang ingin membuat website dari awal, kalian  bisa langsung copy code Starter template di bagian bawah.


Download Bootstrap

dengan cara ini kalian bisa langsung download file css dan javascriptnya Bootstrap dan menggunakan sepuasnya secara offline.

1. pergi ke Website remi untuk download Bootstrap
2. click download, pada bagian compiled css dan js
3. extract file tersebut kedalam folder website kalian
4. masukan kode berikut di <head> untuk menambahkan css
<link rel="stylesheet" href="css/bootstrap.min.css"

5. masukan kode berikut di atas </body> untuk menambahkan js
<script src="js/bootstrap.min.js" integrity="sha384-JZR6Spejh4U02d8jOt6vLEHfe/JQGiRRSQQxSfFWpi1MquVdAyjUar5+76PVCmYl" crossorigin="anonymous"></script>

jika kalian ingin menggunakan bootstrap javascript kalian harus juga memasang jquery dan proper js kedalam website kalian, yang dimana kode js CDN di atas sudah melibatkannya.

buat kalian yang masih bingun cara pemasangannya, subcribe dan ikuti terus channel youtube Manderser untuk melihat video tutorialnya (Coming Soon)

Semoga Bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »