[Linux] Cara Scan Server/Website Dengan NMAP (Gathering Information)

15:53
Linux - buat para pengguna linux pasti sdah banyak yang tahu tentang aplikasi nmap ini, aplikasi ini digunakan untuk menggali informasi informasi yang ada pada suatu jaringan maupun host.


dan buat kalian yang mempunyai server atau ingin mengetahui info detil dari sebuah server/website, kalian bisa menggunakan aplikasi ini untuk mendapatkannya, dan di aplikasi ini kita bisa mendapatkan informasi berupa port yang terbuka, traceroute,mac address, os detection dan masih banyak lagi yang bisa kita dapatkan dari aplikasi ini.

untuk penggunaan aplikasi ini cukup mudah dengan menjalankan beberapa command beserta target kita, dan beberapa saat informasi yang kita butuhkan akan keluar.

untuk penginstalannya buat para pengguna kali linux tidak peru khawatir lagi karena sudah terinstall terlebih dahulu, dan buat para pengguna selain kali linux seperti Ubuntu,Fedora,Archlinx dan lain lain kemungkinan Nmap belum terinstall, jadi buat yang belum menginstall Nmap kalian bisa menjalankan Command Berikut:
sudo apt-get install nmap


[Linux] Scan Server/Website Dengan Nmap


Setelah kalian mengisntall Nmap kalian tinggal menjalankan command berikut untuk mendapatkan informasi dari target kita :
sudo nmap -A target

Berikut salah satu contoh command dalam mencari informasi dari sebuah website:
sudo nmap -A manderser.blogspot.com


tunggu beberapa saat dan informasi umum dari server tersebut akan muncul.

kalian juga bisa memeriksa para pengguna/host di dalam jaringan kalian di Nmap, saya sudah membuat tutorialnya di [Linux] Cara Mengetahui(Scan) Pengguna/Host Di Dalam Jaringan.

masih banyak lagi yang bisa kita lakukan dengan nmap seperti, ip spoofing, ping sweeps dan lain lain, kalian bisa mendapatkan commandnya dengan menuliskan nmap di terminal.



Semoga Bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »