Cara Mengetahui (Scan) Open Port Dengan Nmap [Linux]

08:42
NMAP - dalam dunia hacking dan penetration tentu sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui port port yang terbuka untuk sebuah device, karena bisa menjadi celah yang bisa kita masuki ke dalam perangkat tersebut.

dalam linux kita bisa menginstall aplikasi nmap ini. bukan hanya untuk scan port, nmap juga bisa digunakan untuk scan hal hal lainnya seperti trace route, os detection, host yang aktif dan masih banyak lagi yang bisa di lakukan nmap ini.

nmap ini sudah terinstall di kali linux secara default tapi kita juga bisa menginstallnya di linux lain dan berikut command untuk menginstall nmap:

sudo apt-get install nmap


Cara scan port yang terbuka dengan Nmap

setelah kita menginstall nmap, kita harus menentukan target kita maupun itu local atau yang ada di internet seperti website.
setelah kita menentukan target kita dengan alamat ip/domain yang harus kita lakukan adalah menjalankan command berikut:

sudo nmap --open target

kita juga bisa menggunakan command berikut untuk scan semua data penting pada host tersebut seperti os detection trace route dan juga port yang terbuka.

sudo nmap -A target

dan masih banyak lagi cara untuk scan port dengan nmap seperti UDP ports, scan port dengan range yang di tentukan dan lain lain.


Nmap membagi port menjadi enam status yang berbeda : open, closed, filtered, unfiltered, open|filtered, or closed|filtered.


Semoga Bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »