Perbedaan Operator Dan Operand Pada Pascal

17:19
Pascal - walaupun bahasa pemograman ini sudah tidak banyak yang memakai, juga masih ada orang orang yang ingin berlajar pascal lebih dalam terutama siswa SMK, yang kemungkinan menjadi materinya.

Pascal adalah bahasa pemrograman yang pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. ... Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal juga untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu.


Bahasa pemograman pascal ini bisa dibilang jadul atau ketinggalan zaman, karena sudah banyak bahasa pemograman lain yang lebih efektif dan banyak digunakan oleh programmer.
 Dan juga bahasa pascal ini merupakan bahasa untuk membuat program Desktop yang berjalan pada DOS, jadi untuk menjalankannya kiota butuh DOS emulator.

tapi tidak perlu khawatir karena sekarang kita sudah ada aplikasi Free Pascal yang tidak membutuhkan emulator lagi. hanya dengan terminal sederhana kita bisa menjalankan program dan membuat aplikasi.

Perbedaan Operator Dan Operand Pada Pascal
nah, buat kalian yang ingin mencari tau lebih dalam di bahasa pemograman ini, saya akan membahas tentang bagian penting Aritmatika di pascal yaitu, Operator Dan Operand.

Operator

Operator adalah simbol atau kata yang digunakan dalam program untuk melakukan suatu operasi, seperti penjumlahan, perbandingan , pemeberian nilai ke suatu variable. Nilai yang dioprasikan oleh operator bersama operand membentuk suatu ekpresi.
jadi pada dasarnya operator adalah simbol yang digunakan untuk mengeksekusi operand.

nah operator ini teridiri dari banyak hal:

  • Operator Assignment
  • Operator Aritmatika
  • Operator Perbandingan
  • Operator Logika


Operand

Operand adalah nilai asal yang digunakan di dalam sebuah proses operasi. Jadi operand merupakan nilai yang dieksekusi oleh operator seperti dalam sebuah penjumlahan ( 2+4 ), 2 dan 4 merupakan operand yang akan dieksekusi oleh operator (+).



Kesimpulannya dalam sebuah program aritmatika terdapat perbedaan antara operator dan operand yang harus kita pahami, sehingga kita bisa sepenuhnya menguasai program tersebut. 


Semoga Bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »