Perbedaan Kabel UTP Straight, Cross Dan Roll Over

03:12
UTP - Dalam pembuatan jaringan LAN, kabel yang sering digunakan adalah kabel UTP, karena kabel UTP sangat mudah di dapatkan dan harganya yang relative murah. dan Kabel UTP bisa untuk diandalkan dalam pembuatan jaringan LAN.

UTP merupakan kependekan dari Unshielded Twisted Pair. Mengapa disebut Unshielded? Mengapa disebut Twisted Pair? Dinamakan Unshielded karena kabel UTP tidak dilengkapi dengan pelinsung yang memungkinkan kabel tersebut kurang tahan dengan interferensi elektromagnetik. Disebut Twisted Pair karena didalamnya terdapat kabel-kabel yang disusun saling berpasangan spiral atau saling berlilitan.

Dan jika kita membuka/mengupas kabel UTP, kita akan menemukan 8 jumlah kabel yang ada di dalamnya, dan 8 kabel tersebut saling berlilitan dengan salah satu kabel, sehingga menjadi 4 pasang kabel yang saling berlilitan. dan untuk konektornya, kabel UTP menggunakan konektor RJ-45 sebagai media penghubungnya

Dalam pembuatan kabel menggunakan UTP, kita bisa membuat 3 jenis kabel yang berbeda beda penggunaannya, yaitu Straight Through Cable, Cross Over Cable, dan Roll Over Cable.

Perbedaan Straight, Cross Dan Roll Over

Tentu saja Cross, Straight Dan Roll Over berbeda pemasangan dan urutan kabelnya pada konektor karena penggunaanya juga yang berbeda beda.


1. Straight

Kabel straight merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu  dengan ujung yang lainnya. Kabel Straight digunakan untuk menghubungkan 2 device yang berbeda.

Contoh penggunaan kabel straight adalah sebagai berikut :

  • Menghubungkan antara PC / Komputer dengan Switch
  • Menghubungkan Switch ke Router
  • Menghubungkan Hub ke Router
Dan masih banyak lagi, yang pastinya kabel Straight digunakan untuk menhubungkan 2 perangkat yang berbeda.


2. Cross

Kabel cross over merupakan kabel yang memiliki susunan berbeda antara ujung satu dengan ujung dua. Berbeda dengan Straight, Kabel cross over digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama.

Contoh penggunaan kabel cross over adalah sebagai berikut :

  • Menghubungkan 2 buah PC / Komputer secara langsung
  • Menghubungkan 2 buah Switch
  • Menghubungkan 2 buah Hub
  • Menghubungkan Switch dengan Hub
  • Menghubungkan PC / Komputer dengan Router
Dan masih banyak lagi device atau perangkat yang bisa kita hubungkan dengan kabel cross, dengan syarat menhubungkan 2 device atau perangkat yang sama

Komputer dan Router adalah perangkat yang sama, oleh karena itu jika kita ingin menhubungkan Komputer dengan Router, kita harus menggunakan Kabel tipe Cross agar terhubung dan berjalan lancer.


3. Roll Over

Kabel rollover adalah kabel null-modem yang digunakan untuk menghubungkan terminal komputer ke router jaringan port Console.

Contoh Penggunaan Kabel Tipe Roll Over :

  • PC / Komputer dengan Console Router
  • PC / Komputer dengan Console Switch Manage

Dan mungkin masih ada device lain yang bias dihubungkan dengan kabel Roll Over Dengan Syarat Di gunakan Sebagai Console

Berbeda Dengan Cross Dan Straight Kabel Tipe Roll Over Digunakan Sebagai Console Atau Pengendali Saja.

Semoga Bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments