Cara Mudah Cek Kecepatan Koneksi Internet

08:14
PC - Mengetahui kecepatan koneksi internet sangatlah perlu, karena jika kita ingin melakukan sesuatu yang memakan koneksi internet kita harus memastikan bahwa koneksi kita berjalan lancar agar jika kita melakukan sesuatu tidak ada kendala, seperti men-download file yang cukup besar dan bermain game online.

Oleh karena itu kita harus mengetahui kecepatan koneksi internet kita, karena jika kita men-download file besar dan koneksi internet kita tidak mampu men-downloadnya akan sangat ribet, apalagi jika kita ingin bermain game yang cukup memakan koneksi, maka pada saat bermain gamenya akan patah patah dan tidak akan lancar



dan untuk mengetahui koneksi internet kita sangatlah mudah karena sudah banyak sekali cara yang kita bias lakukan untuk mengecek koneksi internet kita, bahkan sudah banyak website website yang khusus dibuat untuk mengecek koneksi internet. tapi kali ini kita tidak akan menggunakan suatu website untuk mengecek koneksi internet kita.

cara ini adalah cara yang sangat mudah dan simple dan sering di gunakan untuk mengcek koneksi internet yaitu menggunakan Command Prompt, dengan melakukan PING kita bias mengetahui kecepatan koneksi internet kita.


Cara Mudah Dan Simpel Cek Koneksi Internet

  1. Jalankan RUN dengan cara menekan tombol Windows + R, atau bisa buka start menu setelah itu cari RUN dan buka
  2. Ketikan ping 8.8.8.8 -t, kemudian enter
  3. setelah muncul window cmd, maka akan muncul list koneksi internet kita
  4. jika tertulis Reply Form 8.8.8.8 ..... maka koneksi masuk dan dapat di terima
  5. dan jika tertulis Request Timed Out. maka koneksi lambat dan tidak masuk
  6. dan untuk menentukan kecepatan koneksi yang masuk adalah melihat time  pada Reply Form 8.8.8.8 .... Time=...ms
  7. semakin kecil jumlah timenya, maka semakin cepat koneksi tersebut masuk, dan sebaliknya

Ping (sering disebut sebagai singkatan dari Packet Internet Gopher) adalah sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa Induktivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.
+Wikipedia 

dapat disimpulkan dengan ping kita bisa engetahui koneksi yang terjadi antara device dengan device lain seperti computer / laptop kita dengan server server lain.
   dan.8.8.8.8dalah DNS public dari server google, kita menggunakannya karena server google tidak pernah down dan selalu up terus

Semoga Bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »