Dasar Dasar Yang Harus Di Pelajari Di Blender

00:01
Blender - walaupun sudah cukup kuno dan hanya memiliki sedikit komunitas, aplikasi ini masih sangat berguna dan tidak kalah jauh dari engine engine lainnya seperti unity 3d, unreal engine dan lainnya.


Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan blender, seperti membuat animasi, game, dan render 3d lainnya. dan juga penggunaanya sangat mudah, jika kita sudah menguasai dasar dasar dari aplikasi ini, tentu kalian bisa menggunakannya dengan mudah.

Oleh karena itu saya membuat postingan ini, dan share pengalaman dan ilmu mengenai dasar dasar, atau basic yang harus di pelajari di blender.


Mode

Mode merupakan satu hal yang penting dalam blender, karena disinlah kita bisa leluasa mengedit objek objek. terdapat beberapa mode, tapi sebagai dasar dasarnya saja. saya akan membahas 3 mode yaitu:
  • Objek Mode
     Merupakan mode utama dari aplikasi ini, di mode ini kalian bisa mengatur dari objek objek yang ada, seperti mengatur posisi, ukuran, dan lain sebagainya


  • Edit Mode

     Berbeda dari objek mode, Mode ini digunakan untuk mengedit 1 objek saja, dengan mode ini kalian bisa menjadikan objek itu ke bentuk yang lain sesuai keinginan kalian, seperti, menambahkan lubang pada sebuah kubus atau kotak.


  • Pose Mode

     Mode ini dikhususkan untuk membuat karakter animasi atau game, sesuai keinginan kita, di dalam mode ini kita bisa menggerakan/mengedit tulang yang telah dibuat.



Shortcut

Walapaun tidak terlalu penting, shortcut mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita, dengan shortcut kita tidak perlu lama lama lagi mencari menu atau fitur fiturnya. untuk itu, berikut shortcut shortcut yang perlu di pelajari:

  • Berpindah Mode TAB
     jika kalian sudah mengetahui mode di atas, ada cara singkat untuk berpindah dari objek mode ke edit mode, atau sebalikknya, dengan menekan TAB



  • Membuat Objek SHIFT + A

     seperti biasa untuk memuat objek kita harus pergi ke tab menu sebelah kiri, tapi ada cara singkat untuk langsung membuka sebuah menu untuk membuat objek yaitu dengan cara menekan SHIFT + A



  • Mengubah Ukuran Objek S

     Setelah membuat objek tentu kita ingin menyesuaikannya sesaui yang kita inginkan, dan jika kalian ingin mengubah ukuran objek tersebut kalian tidak tekan S


  • Memutar Objek R

    Tekan R


  • Memindahkan Objek G

    Tekan G



  • Pindah Ke Angel Kamera 0

    Ketika selesai dengan project kita, tentu kita ingin melihat angel kameranya sebelum render aga pas sesuai dengan keinginan kita, untuk kita bisa langsung tekan 0



  • Bergerak Dengan Bebas SHIFT + F

     Agar mendapat angel yang pas ketika sedang membuat sesuatu, tentu kita ingin melihatnya dari sudut pandang yang berbeda beda, oleh karena itu kalian bisa langsung menekan SHIFT + F untuk bsa bergerak dengan menekan W A S D



  • Membuat Keyframe Baru I

     Ketika kalian membuat animasi, kalian tidak perlu report report untuk membuat keyframe baru dengan menekan tombol yang ada di menu bawah, kalian bisa dengan mudah membuat keyframe baru dengan menekan I



  • Membagi Objek CTRL + R

     Di edit mode, kalian bisa mengubah shape objek kalian menjadi apa saja, dan akan lebih mudah jika kita membatasi dan memberikan vertex dan edge baru agar face nya terbagi bagi, sehingga lebih mudah untuk kita, untuk itu kalian bisa tekan CTRL + R di edit mode.

Jika kalian ingin memperbesar, memutar, atau memindahkan objek kalian bisa mengkobinasikan tombol shurcotnya dengan arah kordinat (X Y Z)
Contoh:
S + X,R + Y,G + Z, dan lain sebagainya.

Method Display

Method display ini bisa dibilang sebagai display atau pandangan yang berbeda, seperti sebuah kubus, jika kita hanya ingin melihat sudut dan garis saja, kita bisa langsung ke Wireframe, dan masih banyak display yang kita gunakan. untuk itu, berikut 5 display yang sangat berguna:

  • Solid
  • Solid ini merupakan method display utama yang sering kita pakai, disini hanya akan terlihat objek yang default saja.

  • Wireframe
  • Display method yang ini, juga terbilang cukup penting, karena disini kita bisa melihat semua sudut dan garis garis yang terhalang dengan sisi/face dari objek

  • Texture
  • disini kita bisa melihat texture yang telah kita tentukan.

  • Material
  • tidak berbeda dari texture, di display material ini, kita juga bisa melihat material yang sudah kita tentukan.

  • Rendered
  • jika kita ingin melihat hasil secara langsung, tanpa bolak balik render, kalian bisa langsung memakai method display yang satu ini.

Demikian artikel dari Basic yang harus di pelajari di blender, mohon maaf bila ada kekurangan.

Semoga Bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »